Asuransi Haram??

posted in: Deposito Gratis Asuransi | 0

Asuransi FWD Syariah Bebas Ikhtiar

#Copas

Dulu ada prospekan saya ketika saya tawari asuransi dia bilang gini ;

“Asuransi itu haram mas, saya sudah pernah punya dan semua sudah saya tutup, bikin harta saya gak berkah!!” Gitu katanya.

“Kan ada yang syariah pak” kataku

“Asuransi saya dulu syariah semua mas, bohong itu .. malah ada manajer asuransi yg datang ke rumah saya, saya usir”

Kalo untuk urusan khilafiyah gini saya cenderung tidak berdebat, terlebihnya untuk menghormati pendapat saja.

Beberapa bulan kemudian saya mendengar beliau sedang rawat inap karena sakit jantung, setelah kesembuhannya saya pun bertanya ttg kabar dan biaya rumah sakit, jawabannya ..

“Wah gak tau ya brp biayanya, kan pake asuransi kantor mas” gitu katanya.

“Lho, katanya asuransi haram, pak ?” Kataku.

“Kan darurat mas, lagipula ini kan fasilitas (asuransi) dari kantor”.

Ooo… 😁

Jadi, kalo darurat boleh ya pake asuransi ? Padahal .. yang namanya sakit kan mmg darurat ya ? Emangnya ada orang yg berencana sakit ?

Trus yang kedua, status haram menjadi halal karena yang membayar fasilitas adalah orang Lain / kantor ??

FYI :
bahwa Asuransi Syariah itu sudah ada Fatwa MUI nya, sehingga itu sudah pasti halal, kenapa ?, karena selama ini masyarakat berpikir bahwa semua Asuransi itu Akad nya Jual Beli, padahal Asuransi Syariah itu Akad nya Wakallah lil Ujroh (maaf klo penulisan salah) atau Akad bersifat sosial.

Apakah masyarakat sudah melakukan praktik Asuransi Syariah ini ?? YA.., sudah lama di praktik kan. Contohnya, di kampung-kampung ada iuran sukarela per keluarga Rp 100.000, kalau ada yg meninggal dikasih santunan Rp 1.000.000, kalau Sakit, ada santunan Rp 150.000, sifatnya gotong royong…, inilah prinsip dasar Asuransi Syariah yang berjalan di masyarakat.

Jadi… sudah gak berpikiran lagi kalau Asuransi Haram kan?? Asuransi tugasnya hanya melindungi income Anda kok, dengan cara men-transfer risiko ke perusahaan Asuransi (konvensional), dan men-sharing risiko ke sesama peserta asuransi (syariah).

Lindungi keuangan Anda sejak dini dari resiko tidak terduga dengan Asuransi Syariah.