Menghitung Dana Pendidikan

posted in: Deposito Gratis Asuransi | 0

“Sekarang biaya pendidikan anak mahal banget!”, “biaya masuk sekolah aja ga kalah ama masuk kuliah”, dan seabreg keluhan lainnya soal mahalnya biaya pendidikan yang makin hari kian menjulang. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, rata-rata kenaikan biaya pendidikan mencapai 10 persen per tahun. Penelitian yang dilakukan Lembaga ZAP Finance menunjukkan hal serupa. Biaya pendidikan di Indonesia rata-rata naik 10-20 persen per tahun, yang berarti lebih tinggi dari tingkat inflasi. Jadi harus menyiapkan dana berapa untuk kebutuhan Anak sekolah nanti? Semua tergantung dari kebutuhan Anda, apakah dana akan disiapkan untuk masuk kuliah? atau pada saat anak masuk SMA? dan disekolah/kampus mana? Semua bisa dihitung dari sekarang dan kita bisa merencanakannya sedini mungkin.

Kita ambil contoh, Bapak Bijaksana usia 40th, Anak usia 5th. Rencana akan menyisihkan dana pendidikan untuk anak saat masuk kuliah usia 18th di Kampus ABC. Ada waktu 13th untuk Bapak Bijaksana merencanakan tabungan pendidikan anak.

Biaya Kuliah (asumsi kuliah selama 4th @25jt/th) : Rp. 100 Juta
Asumsi Inflasi 10% setiap tahun
Biaya Kuliah 13th kemudian : Rp. 345,23 Juta

Jika Bapak Bijaksana Deposito Rp. 150 Juta di Bank (asumsi rate 6% nett per tahun), maka pada tahun ke-13 akan tersedia dana Rp. 319,94 Juta

Jika Bapak Bijaksana Menabung rutin di Bank setiap bulan Rp. 2 Juta (asumsi rate tabungan 2% per tahun), maka pada tahun ke-13 akan tersedia dana Rp. 359,37 Juta (belum memperhitungkan biaya-biaya bank).

Dalam hal ini, Bapak Bijaksana hanya memperhitungkan dana yang siap disimpan tanpa perlu diganggu jika terjadi resiko. Jangan sampai pada saat terjadi resiko, dana tesebut harus diambil untuk membiayai resiko (anak sakit atau biaya operasional keluarga).

Lantas bagaimana jika dana tersebut harus dicairkan sebelum waktunya karena ada resiko yang tidak terduga? Solusinya adalah berikan tabungan tersebut suatu perlindungan atau asuransi. Sehingga dana pendidikan anak tetap aman terjaga sampai waktunya dibutuhkan nanti.

Untuk mengetahui Program deposito plus asuransi, silakan klik disini