Q : Apakah deposito di KSB aman?
A : Ya sangat aman sekali, dapat dibuktikan sejak KSB bediri pada 2004, deposito nasabah tidak ada yang bermasalah dan selalu cair tepat pada saat jatuh tempo. Dengan asset diatas 2 Triliun dan masuk dalam 10 Koperasi terbesar di Indonesia, kinerja nya tersertifikasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM dengan predikat SEHAT.

KSB mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari Akuntan Publik Independen serta rutin melakukan RAT (Rapat Anggota Tahunan). Pada April 2016 mendapatkan Penghargaan MURI sebagai Koperasi Pertama yang mengadakan RAT secara Elektronik. Berikut Legalitas Usaha KSB.

Q : Bagaimana jika Koperasi Pailit atau Bangkrut?
A : Undang-undang No. 37 tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Membayar Utang yang mengacu pada Bab II tentang Kepailitan pasal 2. Dalam pasal tersebut mensyaratkan adanya pernyataan putusan pailit yang dikeluarkan oleh Pengadilan Niaga yaitu paling sedikit memiliki 2 atau lebih Kreditor dengan mengajukan permohonan pailit terhadap Debitur.

Jadi kepailitan suatu koperasi bukan berdasarkan pernyataan dari koperasi tetapi berdasarkan oleh keputusan dari Pengadilan Niaga setempat, atas kelalaian koperasi selaku Debitur karena tidak segera melakukan kewajibannya terhadap Kreditor.

Koperasi yang memiliki sisa kekayaan harta pailit setelah penyelesaian kewajiban terhadap kreditor, maka terhadap sisa harta pailit Koperasi akan dibagikan kepada anggotanya dan simpanan anggota dikembalikan sesuai dengan nominalnya.

Q : Apakah Koperasi diawasi oleh OJK?
A : Koperasi Simpan Pinjam yang telah berbadan hukum / mendapatkan izin usaha sebagai Koperasi Simpan Pinjam berada dibawah pembinaan dan pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, dan tunduk pada Undang-Undang Perkoperasian sehingga tidak perlu mendapatkan izin usaha dari OJK.

Q : Apa bukti kepemilikan saya sebagai nasabah deposito?
A : Anda akan mendapatkan Sertifikat Deposito (KSB) yang akan dikirimkan ke alamat korespondensi (bisa alamat rumah ataupun kantor). Sertifikat Deposito di KSB dicetak oleh Perum PERURI (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia) agar tidak mudah dipalsukan.

Q : Dikelola dimana saja dana nasabah oleh KSB?
A : Selain Pinjaman, dana Nasabah dikelola dalam bidang Property, Ritel, Pengiriman, Wisata/Travel dan Teknologi. Untuk lebih detail dapat klik di Company Profile KSB.

Q : Bagaimana jika deposito dicairkan sebelum jatuh tempo?
A : Akan dikenakan biaya penalty 8% (penempatan Deposito12 Bulan)  dan 3,5% (penempatan Deposito 6 Bulan).

Q : Bagaimana cara mengetahui mutasi rekening?
A : Nasabah akan mendapatkan Buku Tabungan Koin dan dapat meminta print out di cabang KSB dimanapun, atau dapat juga diakses melalui KSB Online.

Q : Apakah hasil deposito bisa ditransfer setiap bulan ke rekening di bank?
A : Ya bisa, yang penting Nama deposan (pemilik deposito) WAJIB sama dengan nama pemilik Rekening di Bank.